1 2 3 4 5

Bahaya Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi parasit protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis. Meskipun gejala penyakit bervariasi, kebanyakan wanita dan pria yang memiliki infeksi tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi.

Bagaimana orang mendapatkan trikomoniasis?

Parasit ini ditularkan dari orang yang terinfeksi ke orang yang tidak terinfeksi selama hubungan seks. Pada wanita, bagian yang paling sering terinfeksi dari tubuh adalah saluran kelamin yang lebih rendah (vulva, vagina, atau uretra), dan pada laki-laki, bagian tubuh yang paling sering terinfeksi adalah bagian dalam penis (uretra). Saat berhubungan seks, parasit biasanya ditularkan dari penis ke vagina, atau dari vagina ke penis, tetapi juga dapat ditularkan dari vagina ke vagina lainnya. Hal ini tidak umum bagi parasit menginfeksi bagian tubuh lain, seperti tangan, mulut, atau anus. Tidak jelas mengapa beberapa orang dengan infeksi mendapatkan gejala sementara yang lainnya tidak, tapi mungkin tergantung pada faktor-faktor seperti usia seseorang dan kesehatan secara keseluruhan. orang yang terinfeksi tanpa gejala masih dapat menularkan infeksi tersebut kepada orang lain.

sms button simpati+62813-1518-6262

Apa saja tanda dan gejala trikomoniasis?

Sekitar 70% dari orang yang terinfeksi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala. Ketika trikomoniasis tidak menyebabkan gejala, mereka dapat berkisar dari iritasi ringan sampai parah. Beberapa orang dengan gejala baru merasakannya dalam jangka waktu 5 sampai 28 hari setelah terinfeksi, tetapi yang lain tidak mengalami gejala bahkan dalam waktu yang lama. Gejala bisa datang dan pergi.

Pria dengan trikomoniasis mungkin merasa gatal atau iritasi di dalam penis, terbakar setelah buang air kecil atau ejakulasi, atau keluarnya cairan dari penis.

Wanita dengan trikomoniasis mungkin merasakan gatal, terbakar, kemerahan atau rasa sakit pada alat kelamin, ketidaknyamanan saat buang air kecil, atau debit tipis dengan bau yang tidak biasa yang bisa jernih, putih, kekuningan, atau kehijauan.

Penderita trikomoniasis akan merasa tidak nyaman untuk berhubungan seks. Tanpa pengobatan, infeksi dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.


Berapa Biaya Pengobatan Ginekologi ? Konsultasi
Apakah Dapat Langsung Sembuh ? Konsultasi
Berapa Lama Penyembuhannya ? Konsultasi
Apakah Ada Efek Sampingnya ? Konsultasi

Apa komplikasi trikomoniasis?

Trikomoniasis dapat meningkatkan risiko terkena atau menyebarkan infeksi menular seksual lainnya. Sebagai contoh, trikomoniasis dapat menyebabkan peradangan genital yang membuatnya lebih mudah untuk terinfeksi dengan virus HIV.

Bagaimana trikomoniasis mempengaruhi wanita hamil dan bayinya?

Wanita hamil dengan trikomoniasis beresiko melahirkan bayi lebih awal (kelahiran prematur). Juga, bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi lebih mungkin untuk memiliki berat lahir rendah (kurang dari 5,5 pon).

Bagaimana trikomoniasis didiagnosis?

Hal ini tidak mungkin untuk mendiagnosa trikomoniasis berdasarkan gejala saja. Untuk pria dan wanita, dokter perawatan primer atau penyedia layanan kesehatan akan melakukan cek dan tes laboratorium untuk mendiagnosis trikomoniasis.

Apa pengobatan untuk trikomoniasis?

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730